an online Instagram web viewer

#sumberair medias

Photos

Sudahkah kebutuhan air sesuai dgn berat badan tubuh anda ❓❓❓
Bingung pengen tau brpa kebutuhan air yg tepat  sesuai dgn berat badan anda
segera chat coach ririn 
Whatsap 085642176898 
#hydrate #minum #air #airminum #airputih #airmineral #hidrasi#airsehat #cairantubuh #tubuhsehat #tubuhideal  #mataair #sumberair
Jangan dilihat bagusnya aja, lihat gimana derita dan pengorbanannya juga lohh...
Susahnya jadi fotograper @fa_putri95 
Capeknya jadi driver @putraardyanto 
Dan takutnya tenggelam @viaviivio 
Semuanya ada, untuk mencapai kebahagiaan...
Intinya, dibalik kebahagiaan ada kesusahan, begitu sebaliknya...
#etaterangkanlah
#sumberair #duniabawahair #wisataalam #visitmalang #mtmamalang #exploremalang
Berenang itu tidak cukup mahal cukup ke #sumbermaron. 
#eksplorengalam
#swiming
#savewater
#sumberair
#ngalamhits
#NGALAM KIPA ILAKES
@cowok.ganteng.indonesia
.
.
@Regrann from @deden_054 -  Back to nature 😊

#man #puratirtasudamala #bangli #melukat #explorebali #bali #balinesse #bagus #kamen #culture #nature #sumberair #airsuci - #regrann
Menikmati mandi dimalam hari dan air murni dari dasar alam . #umbulilo #umbul #klaten #sumberair  #likeforever  #like4like  #jomblo #muscles  #travelling  #traveller  #piknik #mandi  #tjahelek  #gym
Alhamdulillah mudah-mudahan ini jadi motivasi kita untuk lebih mencintai alam dan menjaga alam, karena kalo bukan kita siapa lagi?. Kami juga mengajak semua baik itu perorangan atau komunitas khususnya yang ada disekitar bandung dan sumedang untuk ikut serta dalam kegiatan reboisasi dan perawatan hasil reboisasi itu sendiri. Insya Alloh awal september ini kita akan melanjutkan kegiatan ini. Salam lestari 🌱. 📷 : @bundomaela 
#reboisasi #penghijauan #pohon #sumberair #sumberoksigen #opsih #gunungbukantempatsampah #gunungindonesia #cimanggung #cicalengka #rancaekek #cileunyi #nagreg #majalaya #paudjarambah #tapakjebragadventure #kompeni #ngaladogadventure #adventuremaniac #pecintaalambandung #rancaekekhits #rancaekekgahits
Alhamdulillah mudah-mudahan ini jadi motivasi kita untuk lebih mencintai alam dan menjaga alam, karena kalo bukan kita siapa lagi?. Kami juga mengajak semua baik itu perorangan atau komunitas khususnya yang ada disekitar bandung dan sumedang untuk ikut serta dalam kegiatan reboisasi dan perawatan hasil reboisasi itu sendiri. Insya Alloh awal september ini kita akan melanjutkan kegiatan ini. Salam lestari 🌱. 📷 : @bundomaela #reboisasi  #penghijauan  #pohon  #sumberair  #sumberoksigen  #opsih  #gunungbukantempatsampah  #gunungindonesia  #cimanggung  #cicalengka  #rancaekek  #cileunyi  #nagreg  #majalaya  #paudjarambah  #tapakjebragadventure  #kompeni  #ngaladogadventure  #adventuremaniac  #pecintaalambandung  #rancaekekhits  #rancaekekgahits 
Bahagialah bersama sahabatmu karena bahagia tidak selalu tetang pacar #pacar#sahabat#omben#sumberair#bahagia
WONGJOWOMOTO  Loc.  sumber air umbulan ngenep karangploso
.
.
.l
@kuno.klasik  seng duwe kampung :v 
#nature #natureaddict #naturephoto #naturephotography #natureza #singosari #village #sumberumbulan #wongjowomoto #sumberair #mataair#natural #view #wonderfull #wonderfullife #colour #rainbow
Apa yang bisa kamu lakukan tanpa ada Air di dunia ini? Kamu yakin akan kehidupan tanpa air? .
@yunusfahrezy
#Nikon #nikonIndonesia #potret #water #air #Daun #green #photografi #hujan #tetesan #macro #Fix #fokus #photo #sumberair #aliran #arus #tenang #cool #photografisumbar  #jalanjalan #infophoto #Follow #bilalyf #capture
Anak2 renang lagi di sendang.
Airnya seger mengalir terus, langsung dari sumber meskipun gak pernah dikuras tapi air ttep bersih dan jernih.

Colek @zahra_elhakeem inget tempat ini apa gak?
#sumberair #sendang #swimming #magelang #babyswim
Anak2 renang lagi di sendang. Airnya seger mengalir terus, langsung dari sumber meskipun gak pernah dikuras tapi air ttep bersih dan jernih. Colek @zahra_elhakeem inget tempat ini apa gak? #sumberair  #sendang  #swimming  #magelang  #babyswim 
Look at my eyes, and what do you see? 😊
.
#sumenep #madura #malang #surabaya #pantai #gunung #danau #sumberair #sungai #airterjun #kota #hutan #desa #bukit
Pasti sering denger idiom "Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kau berikan pada negaramu!" (Marcus Tullius Cicero, dicopast sama John F. Kennedy).
.
Kata2 e sewwangaar. Jdi gak bagus itu nuntut2, kritik2, pokoke harus rela berkorban jiwa & raga sampe mati untuk negara, patriotisme tinggi. Trus suwe2 mikir, kok bayar terus, opo2 onok pajek e, opo2 onok retribusine. Dari lahir sampe mati bayar terus deek. Di sisi lain, apa2 bsa dijarah, diambil paksa, atas nama itu, pake kalimat itu.

Seringe, kalimat ini jadi alat legitimasi buat nindas, buat mbodoh2in, gawe mlokotoi. Itu, di sekolahan, kampus, perkumpulan/organisasi. Yo ora? Awas dedek2 emes maba unyu2 disantet pake mantra itu bntar lagi. Hahaa. 
Wes. Ngomong coro, mbelgedes. Ndang dimarekne, ndang bela negara. Haha. Anyway, suwun bung @sunan_kalimetro, fotone apik. Yoook njoged, eta terangkanlah.

#sumberair #apik #ngalamkipa #petirtaan #coro #mbelgedes
Pasti sering denger idiom "Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kau berikan pada negaramu!" (Marcus Tullius Cicero, dicopast sama John F. Kennedy). . Kata2 e sewwangaar. Jdi gak bagus itu nuntut2, kritik2, pokoke harus rela berkorban jiwa & raga sampe mati untuk negara, patriotisme tinggi. Trus suwe2 mikir, kok bayar terus, opo2 onok pajek e, opo2 onok retribusine. Dari lahir sampe mati bayar terus deek. Di sisi lain, apa2 bsa dijarah, diambil paksa, atas nama itu, pake kalimat itu. Seringe, kalimat ini jadi alat legitimasi buat nindas, buat mbodoh2in, gawe mlokotoi. Itu, di sekolahan, kampus, perkumpulan/organisasi. Yo ora? Awas dedek2 emes maba unyu2 disantet pake mantra itu bntar lagi. Hahaa. Wes. Ngomong coro, mbelgedes. Ndang dimarekne, ndang bela negara. Haha. Anyway, suwun bung @sunan_kalimetro, fotone apik. Yoook njoged, eta terangkanlah. #sumberair  #apik  #ngalamkipa  #petirtaan  #coro  #mbelgedes 
Inilah suasana pengambilan mesin pompa air sedalam kurang lebih 70 meter yang berada di tengah hutan di desa ngringin bandungan kecamatan paranggupito,di karenakan mesin pompa dan juga mesin disel untuk mengalirkan air ke desa kami rusak,kami se desa membutuhkan uluran dana Bapak dan ibu guna membeli mesin pompa dan juga mesin disel agar kami tak lagi kekurangan air bersih,uluran tangan Bapak ibu sangat kami butuhkan,,untuk lebih jelasnya informasi silakan hubungi pengurus sumber air di desa kami,,085326375813 atau 081350270780 terima kasih,,#saranaberbagi #muslimaid #berbagi #suntikandana #bantuandana #sumberair #pelosok #paranggupito #syariah
Inilah suasana pengambilan mesin pompa air sedalam kurang lebih 70 meter yang berada di tengah hutan di desa ngringin bandungan kecamatan paranggupito,di karenakan mesin pompa dan juga mesin disel untuk mengalirkan air ke desa kami rusak,kami se desa membutuhkan uluran dana Bapak dan ibu guna membeli mesin pompa dan juga mesin disel agar kami tak lagi kekurangan air bersih,uluran tangan Bapak ibu sangat kami butuhkan,,untuk lebih jelasnya informasi silakan hubungi pengurus sumber air di desa kami,,085326375813 atau 081350270780 terima kasih,,#saranaberbagi  #muslimaid  #berbagi  #suntikandana  #bantuandana  #sumberair  #pelosok  #paranggupito  #syariah 
"Memandang cakrawala"
Bukan tentang perjalanannya.
Yaa, ini adalah proses.
Proses belajar utk lebih bertanggung jawab dan untuk mencari apa-apa yg masih perlu diperbaiki... #proses #sumberair #shelter #airterjun #kemarau #resort #G #GTRI #GPMS #gallery #landscape #kampungIV #mychoice #take #the #risk #or #leave #your #dream #cutbray #bundle #kusam  #tukangcucimobilpemda
On duty in ceremony for water source in our village🌳🌲 #pecalangbali #springwater #airpegunungan #sumberair #waterblessing #gratefulltogod #ajegtradisibali
“وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَآءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ” .
“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu
yang hidup”. (Al Anbiyya, 30)
.
.
.
Pembuatan sumur bor di NQ 2 Nayan.
Semoga air santri lbh lancar. Amin.
.
#ppnqboyolali #santrindeso #santrisalaf 
#antrimandi #sumberair #alasantri 
#ala_NU #ala_NQ #ayomondok
Abis RIDE hahaha uka kajebak di desa orang, berharap sih ditemenin kembang desa, ehh taunya ditemenin barudax bagerrss, hatur nuhun bro 
my weapon: #SONYA200
#pemudahijrah #hijrahhits #calonimam #rmarry87 #penikungs_motography #ride #riders #bikers #bandunghits #bandungjuara #ridwankamil #penikungs #motography #elegant #instagold #instalife #instagood #photooftheday #poeple #sunmori #sumberair
#casistni #insyaallah #insyaallahtni 
@penikungs_motography
Abis RIDE hahaha uka kajebak di desa orang, berharap sih ditemenin kembang desa, ehh taunya ditemenin barudax bagerrss, hatur nuhun bro my weapon: #SONYA200  #pemudahijrah  #hijrahhits  #calonimam  #rmarry87  #penikungs_motography  #ride  #riders  #bikers  #bandunghits  #bandungjuara  #ridwankamil  #penikungs  #motography  #elegant  #instagold  #instalife  #instagood  #photooftheday  #poeple  #sunmori  #sumberair  #casistni  #insyaallah  #insyaallahtni  @penikungs_motography
Salah satu cagar budaya Batak , ini tempat pelarian  raja Sisingamangaraja dalam pengejaran Belanda . Ketika itu musim kemarau dan Raja Sisingamangaraja menancapkan tongkat sakti di tempat ini untuk mendapatkan sumber air. Disimare-mare #simaremare #sumberair  #batakpedia #batakcom
Salah satu cagar budaya Batak , ini tempat pelarian raja Sisingamangaraja dalam pengejaran Belanda . Ketika itu musim kemarau dan Raja Sisingamangaraja menancapkan tongkat sakti di tempat ini untuk mendapatkan sumber air. Disimare-mare #simaremare  #sumberair  #batakpedia  #batakcom 
Puluhan tahun alami Krisis Air, warga MRICAN, PONOROGO, akhirnya terbantu dengan Sumur Bor Dalam.
.
Warga yang peduli, menggalang dana lewat Media Sosial, hingga akhirnya bisa mengalirkan air bersih ke desa ini.
🎦 by. @hendras.ps.
.
#ponorogo #ponorogohits #ponorogohitz #kotareog #kotareyog #ikiponorogo #instaponorogo #pemkabponorogo #ponorogopunya #igersponorogo #infoponorogo #exploreponorogo #amazingponorogo #seputarponorogo #ponorogoinfo #beritaponorogo #sumberair #kabarponorogo #ponorogoinfo #kabupatenponorogo #pemkabponorogo #ponorogokekinian #ponorogoku #kekeringan #mricanponorogo #ponorogokotareog #netjatim #netmediatama.
.
Simak Informasi lengkapnya, melalui akun Kami
www.youtube.com/netbirojatim/
Tinggalin Subscribe yaaa Gud Piple..
.
.
.
.
Kamu pengen ikut berpartisipasi sebagai Citizen Journalist..??
.
Share foto/video Kamu, Mention Kita, & Kami akan mengkonfirmasi info yg datang dari Kalian..
.
.
- Follow us on @jatim_net
- Follow us on @officialnet.news
Puluhan tahun alami Krisis Air, warga MRICAN, PONOROGO, akhirnya terbantu dengan Sumur Bor Dalam. . Warga yang peduli, menggalang dana lewat Media Sosial, hingga akhirnya bisa mengalirkan air bersih ke desa ini. 🎦 by. @hendras.ps. . #ponorogo  #ponorogohits  #ponorogohitz  #kotareog  #kotareyog  #ikiponorogo  #instaponorogo  #pemkabponorogo  #ponorogopunya  #igersponorogo  #infoponorogo  #exploreponorogo  #amazingponorogo  #seputarponorogo  #ponorogoinfo  #beritaponorogo  #sumberair  #kabarponorogo  #ponorogoinfo  #kabupatenponorogo  #pemkabponorogo  #ponorogokekinian  #ponorogoku  #kekeringan  #mricanponorogo  #ponorogokotareog  #netjatim  #netmediatama . . Simak Informasi lengkapnya, melalui akun Kami www.youtube.com/netbirojatim/ Tinggalin Subscribe yaaa Gud Piple.. . . . . Kamu pengen ikut berpartisipasi sebagai Citizen Journalist..?? . Share foto/video Kamu, Mention Kita, & Kami akan mengkonfirmasi info yg datang dari Kalian.. . . - Follow us on @jatim_net - Follow us on @officialnet.news
Bar entuk oleh2 seko magelang 2 jrigen air #tukumbul #sumberair #magelang
Tempat bermain masih hijau seperti dulu 😍 #sumberair #semarang #indonesia
Pulang sudah, ko main bola panas terik malulu, bantu sana ambilkan air tuk mamah, sumber air sudekat💧.
.
.
(Sepakbola/Futsal Menyatukan Indonesia)
.
Thanks to wasit, yang motoin dan filter Aden
.
.
.
.
.
.
.
#indonesia #futsal #sepakbola #beragamsuku #filteraden #aden #filterinstagram #censicup #kompetisi #sumberair
Sunggu alami dan segar sumber mata air ini kau sangat bermanfaat bagi semua. Mengaliri sawa mengaliri sungai dan mengalir ke rumah rumah warga kau sungguh bermanfaat sumber air.
Semogah kau gk d kotori dan d rusak oleh tangan yang gak bertanggung jawab semogah kau tetap asri alami dan bermanfaat.. #sumberair
#natural
Sunggu alami dan segar sumber mata air ini kau sangat bermanfaat bagi semua. Mengaliri sawa mengaliri sungai dan mengalir ke rumah rumah warga kau sungguh bermanfaat sumber air. Semogah kau gk d kotori dan d rusak oleh tangan yang gak bertanggung jawab semogah kau tetap asri alami dan bermanfaat.. #sumberair  #natural 
Jalan-jalan sama ibuk mbah kung dan pakde budhe serta adik adik @yuda_kurniawan_31 @irwan_kurniawan_12 @choirulyuimca tanpa igi aga dan bunda @andryaulia masih disekitaran bromo aja kok 😍 #kamiskliwon #slametan #sumberair
Jalan-jalan sama ibuk mbah kung dan pakde budhe serta adik adik @yuda_kurniawan_31 @irwan_kurniawan_12 @choirulyuimca tanpa igi aga dan bunda @andryaulia masih disekitaran bromo aja kok 😍 #kamiskliwon  #slametan  #sumberair 
hutan hijau aceh_indonesia
#pelestarianalam #pegunungan #sumberair #kebundurian #kehutanan 
menunggu air hujan yg lama pergi..
jangan pernah memutar balikkan fakta meski hanya mencoba-coba 😉
jangan memaksa untuk bersama, jika faktanya memang tak punya rasa 😊
.
.
.
.
.
ini perjuangan hidup kita, bukan apa kata mereka 😄
.
.
#like4like #likeforfollow #petuah #happyae #hidupkita #gowes #gowesholic #goweskedirilagi #gowesist #kediri #kedirilagi #wisatakediri #sumberair #dolankediri #mampirkediri #kediringehits #kedirikusukasuka #kediriindah #repost
•
@gowesholic_merch
•
•
Pict by 📷 : @upixguztine
jangan pernah memutar balikkan fakta meski hanya mencoba-coba 😉 jangan memaksa untuk bersama, jika faktanya memang tak punya rasa 😊 . . . . . ini perjuangan hidup kita, bukan apa kata mereka 😄 . . #like4like  #likeforfollow  #petuah  #happyae  #hidupkita  #gowes  #gowesholic  #goweskedirilagi  #gowesist  #kediri  #kedirilagi  #wisatakediri  #sumberair  #dolankediri  #mampirkediri  #kediringehits  #kedirikusukasuka  #kediriindah  #repost  • @gowesholic_merch • • Pict by 📷 : @upixguztine
Tempat alami untuk masak telur asin. #panasbumi #airpanas #sumber #sumberair
jangan pernah memutar balikkan fakta meski hanya mencoba-coba 😉
jangan memaksa untuk bersama, jika faktanya memang tak punya rasa 😊
.
.
.
.
.
ini perjuangan hidup kita, bukan apa kata mereka 😄
#like4like #likeforfollow #petuah #happyae #hidupkita #gowes #gowesholic #goweskedirilagi #gowesist #kediri #kedirilagi #wisatakediri #sumberair #dolankediri #mampirkediri #kediringehits #kedirikusukasuka #kediriindah
#Repost @jalansetapak_adventure (@get_repost)
・・・
Antrian ambil air #tukumbul#sumberair
Umbul Ponggok Polanharjo Klaten.. Kerenn.. 👍👍👍 Semoga tetap terjaga kelestariannya.. 😇🤗 https://www.instagram.com/p/BW6T9ZblDHT/

#destinasiwisata #umbul #klaten #wisata #tour #sumberair #paytren #pawoon #afrakids #fashion #wedding #dakwah #jawatengah #wonderfulindonesia #travelling #pesonaindonesia #indonesia #wisataair #bening #pesonaalam
pernah gue di tanya apa enaknya si naik gunung ? 
makan susah , tdr kaga di hotel  baju pada kotor . 
ini alesan gue, belajar managemen air ketika ngetrrk dengan anak anak SMP dan SD
coba deh lu rasain belajar hidup bertahan untuk mati .
ketika tim kita ke habisan air disitu ada ego yg besar . 
macam macam karakter yg keluar ada yg males ada yg hayu aja tp dalam hati kesel .
nah ini ni buat mereka yg naik gunung suka buang buang air biar brasa aja si . 
yakalo di sana airnya banyak si enak aja yah kalo ngambilnya kaya bgini kebayangkan.
kala itu gunung selamet dan para petani kehabisan air . 
apa semua faktor pengeboran pembakit tenaga listrik proyek wong kapitalis .

#perjuanganbarudimulai
#slametmountain
#pendaki
#sumberair
pernah gue di tanya apa enaknya si naik gunung ? makan susah , tdr kaga di hotel baju pada kotor . ini alesan gue, belajar managemen air ketika ngetrrk dengan anak anak SMP dan SD coba deh lu rasain belajar hidup bertahan untuk mati . ketika tim kita ke habisan air disitu ada ego yg besar . macam macam karakter yg keluar ada yg males ada yg hayu aja tp dalam hati kesel . nah ini ni buat mereka yg naik gunung suka buang buang air biar brasa aja si . yakalo di sana airnya banyak si enak aja yah kalo ngambilnya kaya bgini kebayangkan. kala itu gunung selamet dan para petani kehabisan air . apa semua faktor pengeboran pembakit tenaga listrik proyek wong kapitalis . #perjuanganbarudimulai  #slametmountain  #pendaki  #sumberair 
sumber air sudekat || BAKSOS 25~ .
.
.
model 📷 : @stefanusseto00 
#photo #nikon #sumberair #giripurno #saveearth #water #airjernih #BAKSOS25 #AKSOS25 #silveration #vl
sumber air sudekat,,,,,#sawah #airsawah #sumberair
Kesegaran yang HQQ 💦💦💦💦💦💦💦 *abaikan mas2 yang pake baju merah

#nyoocai #guyang #ulin #umbulmanten #fresh #dolanan #sumberair #airjernih #klaten #ikhtiyar #ikhtiyar.inch

Supported by @ikhtiyar.inch
Daaann masih akan banyak lagi puncak2 ketinggian yang akan kita lalui yaa gengs 😅😎😆 #panorama #puncak #sumberair #reservoir #sumbar #sumbarrancak #batusangkar #pagaruyuang #nexttrip #kemenpupr #pdam
Sebagian besar permasalahan para pendaki sekarang bukan soal logistik tapi soal air. 
so.. manfaatkan sebaik mungkin sumber mata air yg ada (sebelum pendakian minta info pada basecamp dimana saja letak sumber mata air ) , kalaupun tdk ada gunakan persediaan air sebijak mungkin (apalagi pendakian waktu musim kemarau) *kalo bisa sih siasati mengganti air dgn tisu basah/embun, contohnya pas bersihin alat masak, buang air/b*ker 😒😁😀 . . 
#mataair #sumberair #mountainesia #pendakikusam #pendakiindonesia #pendakiwanita #pendakiwanitaindonesia #jejakpendaki #instapendaki
Sebagian besar permasalahan para pendaki sekarang bukan soal logistik tapi soal air. so.. manfaatkan sebaik mungkin sumber mata air yg ada (sebelum pendakian minta info pada basecamp dimana saja letak sumber mata air ) , kalaupun tdk ada gunakan persediaan air sebijak mungkin (apalagi pendakian waktu musim kemarau) *kalo bisa sih siasati mengganti air dgn tisu basah/embun, contohnya pas bersihin alat masak, buang air/b*ker 😒😁😀 . . #mataair  #sumberair  #mountainesia  #pendakikusam  #pendakiindonesia  #pendakiwanita  #pendakiwanitaindonesia  #jejakpendaki  #instapendaki 
Sound of nature again.
#trip #sumberair #alam #nature #borneo #borneoiscalling
Assalamualaikum..Alhamdulillah #coway sentiasa menjadi perbualan hangat,superbbb..Penapis air jadi keperluan??bermanfaat dan membantu kita utk dapatkan air yang bersih dan mudahkan kita untuk tugas harian..🤗..Jom pilih Coway😘
.
.
#penapisair#airbersih#bekalanair#sumberair#spatamanmelawati#kualalumpur#melaka#kilangkosmetik#kilangkosmetik
Gemericik Air dari mata air di Savana Pangonan

Kita banyak kehilangan soundscape alami desa dan hutan. Seiring masuknya peralatan bermotor dan perangkat listrik. Kita diburu oleh suara-suara dari peralatan bermotor dan perangkat elektronik seperti mesin, televisi, radio, organ tunggal.

Bqhkan di pos pendakian gunung, suara motor dapat kita dengar. Bahkan di puncak gunung kita memutar lelagu dari perangkat elektronik. Kita alpa bahwa alam punya nyanyiannya sendiri, lebih menenangkan, lebih jujur, lebih sederhana dan apa adanya.

Kita lupa bahwa kita butuh sesuatu yang menenagkan untuk menjernihkan hati dan kepala. Dan bodohnya kita justru selalu mengejar keributan dan kehiruk-pikukan.

Dengarkanlah gemericik air ini. Begitu jujur, begitu menenangkan, Begitu apa adanya. Muncul dari benturan butir air dan permukaan air yang datar dan lebih banyak. Benturan-benturan yang berperedam langsung oleh rumput-rumput dan ruanh disekitarnya.

Dia keluar dari selah-selah perlapisan batu pasir yang membentuk dataran di Savana Pangonan. Perlapisan ini tampaknya muncul dari sedimentasi erupsi gunung di masa silam. Melewati ratusan, bahkan mungkin ribuan tahun. Dilapukkan oleh angin, udara, suhu, cuaca dan air, lalu dijamah oleh akar lichenes (lumut kerak), lalu menjadi tanah subur yang siap ditumbuhi tanaman lain.

Suksesi alam pernah terjadi disini dan air mempertahankan kehidupan. Ketenangan menjaga kewarasan manusia.

#sumberair #mataair #savanapangonan #diengkulon #dieng #diengplateu #banjarnegara #centraljava #jawatengah #indonesia #pesonaindonesia
Gemericik Air dari mata air di Savana Pangonan Kita banyak kehilangan soundscape alami desa dan hutan. Seiring masuknya peralatan bermotor dan perangkat listrik. Kita diburu oleh suara-suara dari peralatan bermotor dan perangkat elektronik seperti mesin, televisi, radio, organ tunggal. Bqhkan di pos pendakian gunung, suara motor dapat kita dengar. Bahkan di puncak gunung kita memutar lelagu dari perangkat elektronik. Kita alpa bahwa alam punya nyanyiannya sendiri, lebih menenangkan, lebih jujur, lebih sederhana dan apa adanya. Kita lupa bahwa kita butuh sesuatu yang menenagkan untuk menjernihkan hati dan kepala. Dan bodohnya kita justru selalu mengejar keributan dan kehiruk-pikukan. Dengarkanlah gemericik air ini. Begitu jujur, begitu menenangkan, Begitu apa adanya. Muncul dari benturan butir air dan permukaan air yang datar dan lebih banyak. Benturan-benturan yang berperedam langsung oleh rumput-rumput dan ruanh disekitarnya. Dia keluar dari selah-selah perlapisan batu pasir yang membentuk dataran di Savana Pangonan. Perlapisan ini tampaknya muncul dari sedimentasi erupsi gunung di masa silam. Melewati ratusan, bahkan mungkin ribuan tahun. Dilapukkan oleh angin, udara, suhu, cuaca dan air, lalu dijamah oleh akar lichenes (lumut kerak), lalu menjadi tanah subur yang siap ditumbuhi tanaman lain. Suksesi alam pernah terjadi disini dan air mempertahankan kehidupan. Ketenangan menjaga kewarasan manusia. #sumberair  #mataair  #savanapangonan  #diengkulon  #dieng  #diengplateu  #banjarnegara  #centraljava  #jawatengah  #indonesia  #pesonaindonesia